![]() |
| Grafik perkembangan aktivitas Satuan Pendidikan di Portal Rapor Pendidikan 2025 |
Namun hanya sehari setelahnya, lonjakan signifikan mulai muncul. Login naik menjadi 18%, unduh melonjak ke 14%. Ini menunjukkan bahwa ketika kanal komunikasi dibuka atau instruksi mulai turun, satuan pendidikan merespons dengan cepat.
Dari pertengahan Maret hingga April, angka login dan unduh terus meningkat perlahan namun konsisten. Setiap hari ada kenaikan, meski dalam persentase kecil. Ini menggambarkan pola: 'Semakin banyak sekolah sadar peran Rapor Pendidikan sebagai sumber data utama perencanaan mutu'. Pada fase ini terlihat bahwa sekolah mulai mengenal fitur aplikasi, memahami pentingnya membaca indikator prioritas, mulai mengunduh dokumen untuk dianalisis secara internal
Memasuki pertengahan hingga akhir tahun, aktivitas mencapai stabilitas tinggi di angka:
- Login: 75%
- Unduh: 70-71%
Angka ini tampak pada tanggal 10–14 November 2025, yang juga beririsan dengan banyaknya kegiatan advokasi, bimbingan teknis yang berhubungan dengan Rapor Pendidikan oleh BBPMP Provinsi Sumatera Barat.
Artinya: Advokasi, bimbingan teknis terbukti berpengaruh kuat terhadap penggunaan aplikasi oleh satuan pendidikan.
Sekolah yang sebelumnya pasif menjadi jauh lebih aktif setelah diberikan pemahaman, dukungan teknis dan arah penggunaan data dalam perencanaan program.
2. Gap Login vs Unduh
Sepanjang data-set, selalu terlihat bahwa persentase login sedikit lebih tinggi daripada persentase unduh. Ini menunjukkan dua hal penting: (a) Sekolah sudah mulai masuk dan melihat data, tetapi belum semuanya memanfaatkan dokumen secara penuh. Beberapa mungkin hanya mengakses dashboard tanpa mengunduh detailnya, dan (b) kapasitas analisis data di sekolah masih beragam. Masih ada ruang untuk memperkuat literasi data sehingga semua sekolah tidak hanya membaca, tetapi benar-benar menelaah data dengan serius.
Jika memperhatikan puncak aktivitas yang stabil di atas 70%, dapat disimpulkan bahwa Satuan pendidikan lebih percaya diri menggunakan Rapor Pendidikan ketika mereka: paham cara membacanya, paham cara menggunakan data untuk menyusun rencana dan memiliki pengawas atau fasilitator yang mendampingi, memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan penggunaan aplikasi.
3. Kesimpulan Menarik
Data “Aktivitas Satuan Pendidikan dalam Aplikasi Rapor Pendidikan 2025” memperlihatkan perjalanan yang sangat positif:
- Dari nol menjadi 75% tingkat aktivitas
- Pergerakan naik konsisten menunjukkan arah yang benar
- Intervensi pendampingan terbukti mendorong adopsi
- Sekolah semakin memahami bahwa data adalah bahan bakar utama peningkatan mutu
Singkatnya:
Rapor Pendidikan bukan lagi sekadar aplikasi, tetapi telah menjadi budaya baru dalam perencanaan mutu di satuan pendidikan.***
(Ariasdi -15 Nov 2025)

0 comments:
Post a Comment