Tuesday, March 19, 2024

Rapor Pendidikan Sumbar 2024 Mengalami Peningkatan


Ariasdi (PIC PDM-03A)



Rapor Pendidikan 2024 telah rilis sejak 5 Maret 2024. Rapor Pendidikan berisi sejumlah data penting terhadap layanan pendidikan Nasional. Berdasarkan data tersebut Pemerintah dan lembaga pendidikan dapat menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar.

Rapor Pendidikan hadir pertama kali pada tahun 2022. Pemerintah Daerah dan Satuan Pendidikan yang telah mengikuti ANBK dan Sulingjar telah mendapatkan tiga Rapor Pendidikan.

BBPMP Provinsi Sumatera Barat, dalam kegiatan Koordinasi Percepatan Transformasi Satuan Pendidikan Sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) dengan PMO Daerah menayangkan capaian Rapor Pendidikan sejak tahun 2023 sampai 2024. Melalui narasumber Ariasdi terungkap, Rapor Pendidikan Sumatera Barat dari tahun ke tahun mengalami peningkatan pada seluruh jenjang pendidikan.

Rapor Pendidikan jenjang SD, pada Dimensi A (Mutu dan Peningkatan Pembelajaran mengalami kenaikan). Indikator Level 1 pada dimensi ini, yaitu Kompetensi Literasi siswa telah mencapai nilai berkategori ‘Baik’ (74,43). Sedangkan Indikator Kompetensi Numerasi siswa, walaupun mengalami peningkatan (64,17), namun masih berkategori ‘Sedang’.

Hal yang cukup menarik terlihat pada Dimensi D (Mutu dan Relevansi Pembelajaran). Pada dimensi ini terdapat Iklim Keamanan Satuan Pendidikan dengan capaian 72,3 dan Iklim Kebhinekaan 72,25. Ke dua indikator ini telah mencapai predikat ‘Baik’. Terjadi peningkatan predikat dari tahun sebelumnya (sedang) dengan capaian 69.12 dan 69.14.

Indikator Iklim Inklusivitas terjadi penurunan, dari 56.5 pada tahun lalu, menjadi 55,26 di tahun 2024. Iklim inklusivitas menyangkut bagaimana lingkungan satuan pendidikan menyikapi keragaman seperti perbedaan individu, identitas, maupun latar belakang sosial-budaya.

Gambaran perkembangan Rapor Pendidikan jenjang SD sejak 2022 hingga 2023 dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Capaian Rapor Pendidikan Sumbar jenjang SD

Berbeda dengan SMP, dari lima indikator prioritas, hanya kompetensi Literasi yang baru mencapai kategori “Baik” (74,24). Kompetensi Numerasi, walaupun meningkat cukup signifikan dan mencapai 69,61, namun masih berkategori Sedang. Namun demikian, seluruh capaian Rapor Pendidikan jenjang SMP tahun 2024 terjadi peningkatan.

Lebih lengkapnya dapat dilihat pada grafik di bawah ini.

Capaian Rapor Pendidikan Sumbar jenjang SMP

Jenjang SMA, Kompetensi Literasi dan Numerasi telah mencapai kategori “Baik”.  Iklim Keamanan Satuan Pendidikan, walaupun berkategori Baik (73,15) dan terjadi peningkatan dibanding tahun 2023, namun masih dibawah capaian Rapor Pendidikan tahun 2022 (76,14).

Penurunan terdapat pada Iklim Kebhinekaan yang hanya mencapai 64,32 berkategori “Sedang” dibanding tahun 2023 yang sempat menyentuh angka 65,11.

Gambaran lengkapnya dapat dilihat dalam grafik di bawah ini.

Capaian Rapor Pendidikan Sumbar jenjang SMA





No comments:

Post a Comment